Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google

Blogger sulit bahkan tidak diindex oleh Google ini sudah lama. Sejak Oktober 2010 Blogger mengalami kesulitan. Postingannya tidak diindex oleh Google. Apa solusinya bagi Blogger?. Hingga tahun 2024 ini permasalahan ini tidak terselesaikan dengan mudah. Padahal cara untuk memonetise Blog dengan Adsense sejak dulu lebih mudah atau lebih optimis menggunakan Blogger yang juga milik Google. Ada cara lain dengan YouTube namun sekarang pun kesulitannya tidak mudah untuk di tembus content creator.

Ada banyak sekali tutorial di Youtube untuk solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google ini. Namun jangan sekali-kali percaya dengan mudah. Karena para Youtuber yang kebanyakan dari India itu tidak memberikan solusi namun hanya mencari view untuk vlognya saja. Ada yang dengan cara yang sangat biasa dengan pemvalidasian via Google Search Console, hingga paling kasar dengan memodifikasi robots.txt blogger yang sudah standar dan teroptimasi oleh Google.

Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google

Tidak hanya itu, tulisan-tulisan di blog-blog pun hanya mencari klik yang isinya sama sekali tidak memberi solusi dengan mudah. Hanya seperti tugas pelajaran sekolah atau mata kuliah tertentu untuk mencari nilai dalam studinya. Kasihan kan kita yang terpaksa harus membacanya dan tidak mendapatkan manfaat apapun. Bahkan ketika mempraktekan robots.txt buatan mereka itu justru akan semakin membahayakan SEO blog kita. Jadi bagaimana Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google? mari kita lanjutkan.

Smartphone Crawler

Google menggunakan smarthpone crawler untuk meramban dunia maya dan blog kita. Karena saat ini kebanyakan pembaca menggunakan smartphone dan sangat lebih banyak dibandingkan desktop, maka mobile first adalah solusinya. Nah jadi postingan yang akan diindeks pertama-tama harus ramah mobile, atau dapat tampil dibaca dengan nyaman dan sesuai standar dengan menggunakan layar smartphone.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Blogger Blogspot menggunakan dua alamat berbeda untuk hasil pencarian desktop dan hasil pencarian yang ditampilkan di versi mobile. Untuk pencarian desktop menggunakan alamat biasa, sementara untuk pencarian mobile url biasa ditambahkan ?m=1, yang artinya dengan menggunakan crawler smartphone, atau url mobile postingan blog kita, seperti misalnya https://berundang.blogspot.com/2024/10/uu-24-tahun-2009-tentang-bendera-bahasa.html?m=1 . Nah dari hal ini ada solutor-solutor yang menggunakannya dalam robot.txt dengan dissalow ?m-1, yang akan berakibat fatal jangka panjang pada SEO blog kita.

Petunjuk Jawaban AI Mesin Pencari

Sementara itupun jika menggunakan mesin pencari untuk mencari Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google, maka ada jawaban dari AI yang sekarang dimiliki para mesin pencari dengan generative AI itu yang jawabannya standar dan sangat tidak memuaskan, namun pada dasarnya jawaban itu betul seperti bahwa:

  1. blog jangan di mode privat jadi harus bisa ditemukan mesin pencari,
  2. Blog terlalu baru,
  3. Tulisan menggunakan AI,
  4. Tulisan duplikat,
  5. Tulisan terlalu singkat, hingga
  6. Perlu internal dan eksternal backlink,
  7. Perlu backlink yang jelas dari domain berkualitas.

Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Mesin Pencari

Jawaban Ai yang juga pedoman mesin pencari Google atau apapun mesin pencari lainnya seperti Bing dll, menggunakan jawaban terbawah tersebut secara sangat ketat bahkan ketika postingan kita terindex pun baru akan muncul di hasil pencarian ketika mesin pencari percaya bahwa domain kita memiliki bobot yang bagus, karena adanya baklink yang bisa kita istilahkan sebagai rekomendasi atau penilaian kepercayaan dari pihak luar begitu. Selain hal aneh lainnya yaitu harus ada link dari atau ada posting sosial media. Hal yang paling dibenci oleh blogger bukan, yang tidak suka presence di sosmed. Ya karena memakan waktu, sementara mencari ide tulisan dan menulispun memerlukan waktu dan keseriusan yang tak ternilai.

Tentu saja solusi ini tidak memuaskan juga ya, namun percayalah dengan berjalannya waktu dan minimal kita dapat menulis 1.400 kata per post maka blog anda akan sukses. Yah itu memang sulit sekali, menulis 1400 kata dalam satu postingan cukup memakan waktu yang lama. Saya pun tidak mungkin dapat melaksanakannya, menulis 400 hingga 700 kata pun sudah capek.

Sejarah Permasalahan Blogger Indexing

Jadi permasalahan ini sejak tahun 2010 itu, banyak blogger yang protes dan merasa kesulitan karena banyak tulisannya yang tidak muncul di hasil pencarian Google, dan pihak adsense pun berusaha mencari solusi terhadap search console. Namun karena memang memiliki ideologi atau pandangan yang berbeda sepertinya Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google inipun tidak pernah selesai dan ada perbaikan. Blogger dipaksa memiliki domain sendiri, hosting sendiri untuk dapat menguangkan blognya atau tulisan dan blognya di internet. Ditambah semakin tingginya persaingan blogger untuk dapat muncul di mesin pencari dan berusaha mendapatkan hasil dari pekerjaan sebagai blogger.

Saat sekarang menjadikan lebih frustasi lagi dengan adanya AI. Blogger untuk produktivitas dapat menggunakan AI sebagai alat pencari ide bahkan membuat artikel. Namun semakin banyak blogger yang menggunakannya pun persaingan blogger menjadi lebih ketat lagi. Ditambah otomatisasi misalnya menggunakan AI sebagai bot untuk menulis sendiri di blog-nya. Wah tidak terperikan lagi, selain tulisan AI yang belum dapat kita percayai kebenarannya. Disinformasi dan misinformasi akan merajalela di seluruh dunia.

Tulisan Terstruktur

Jadi apa Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google, selain backlink, menulis dengan tulus dan sebaik-baiknya juga kemudian adalah kesabaran untuk sukses menjadi Blogger. Gunakan segenap daya upaya untuk menghasilkan tulisan unik dan menarik sehingga menarik mesin pencari untuk dapat menampilkan pada hasil pencarian teratas. Meskipun saingannya adalah mesin AI dan sebagainya teknologi yang dipergunakan para blogger lainnya. Namun keunikan, selera, dan pandangan kita adalah hal terbaik yang kita miliki dan akan berbeda dengan siapapun.

Tulisan terstruktur, hal sulit inipun memerlukan pengalaman, jam terbang hingga suasana yang mengharuskannya. Sebagai blogger biasa tentu kita tidak ingin menulis dengan struktur yang blablabla. Kita tulis aja mengalir apa yang ada dipikiran dan ide-ide yang mau dibagikan. Hal ini baik dan mungkin akan terasa unik juga oleh mesin pencari. Namun mengapa penulisan terstruktur menjadi syarat dalam hasil pencarian. Jelas hal ini adalah untuk memudahkan mesin pencari mengkualifikasikan tulisan kita dan bagaimana dia menjadi lebih mudah membaca apa yang tersirat, maksud dan tujuan tulisan kita saja. Juga apa sebenarnya maksud blog ini sih. Hal ini menjadi algoritmanya mesin mencari demi memudahkan dia membantu kita maksudnya. Jadi ya sedikit demi sedikit kita harus mampu dan dapat menstruktrukan tulisan kita jika ingin memonetise blog, jika tidak berarti hal ini bukan masalah bagi anda.

Konten Terstruktur

Konten terstruktur menjadi pekerjaan rumah yang berat. Karena untuk satu niche blog akan menghasilkan ribuan keyword dan ribuan konten tulisan untuk membahasnya agar dapat terbaca sebagai konten yang testruktur oleh mesin pencari. Jadi setia pada niche dan memberikan tulisan yang mendalam mendukung 360 derajat memandang niche blog akan sangat membantu mesin pencari menentukan dan memberikan ranking pada blog kita. Tentu tidak usah khawatir karena hal ini tidak akan terbaca pada waktu singkat, dan ribuan tulisan menantimu untuk disajikan pada blogmu yang manis dan cantik, ataupun yang ganteng dan gagah tersebut.

Pekerjaan rumah ini terasa berat jika ingin kita garap secara singkat, namun jika dikerjakan simultan seiring berjalannya waktu pastinya tidak akan terasa berat karena bagaimanapun niche yang dipilih adalah apa yang sudah kita rencanakan akan dibahas tentu dengan maksud dan keinginan kita sendiri. Baik untuk memperdalam keilmuan, promosi maupun kesenangan atau hobi kita yang tidak akan pernah habis termakan waktu. Dan itulah nanti yang akan membawa para pembaca dengan minat dan keinginan yang sama dengan kita. Sehingga blog kita akan hidup dengan subur, sangat menarik, menawan seperti apa yang direncakanan dan diharapkan.

Selalu Update Konten

Keseriusan kita menjadi blogger diuji juga dengan kesetiaan dan kerja rajin kita untuk selalu menampilkan dan memberikan berita maupun konten terbaru dalam blog kita. Agar tidak menjadi blog yang usang dan akhirnya tidak menyajikan hal-hal baru lagi. Demikianlah kira-kira mesin pencari pun menilai tentang bagaimana konten yang selalu diperbarui maupun selalu ada yang baru. Karena melihat hasil pencarian di mesin pencari Google pun yang ditampilkan adalah konten-konten segar, dan konten yang lama tak diupdate akan dengan sendirinya dihilangkan dari hasil pencarian mesin mencari.

Pantang menyerah adalah roh yang harus dimiliki blogger yang ingin sukses lebih dari eksis saja. Karena blog adalah investasi itu sendiri yang dapat memberikan kepada anda hasil yang tidak diduga maupun menggembirkakan. Meskipun semakin sulit dan keras persaingannya, ditambah dengan munculnya platform-platform lain seperti tiktok, instagram dan sebagainya. Namun keberadaan blog dan mesin pencari masih bisa diharapkan, karena pencarian yang lebih mudah dan tidak terlalu banyak kesulitan dibandingkan dengan platform sosial media yang pasti nanti juga akan memberikan banyak batasan-batasan yang akan tidak disukai penggunanya.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya apa? Kesimpulannya adalah memang hasil pencarian Google berusaha memberikan hasil yang terbaiknya dengan mencari konten-konten berkualitas tinggi. Tidak peduli itu blog maupun website. Namun Blog memiliki prasyarat tertentu seperti di atas. Mau tidak mau kita harus dapat memenuhi prasyarat tersebut. Maka persahabatan para blogger seperti yang sudah terjadi beberapa waktu yang lampau dapat menjembatani hal ini. Selain juga komunitas-komunitas blogger yang dapat mencari cara-cara memonitesisasi para bloggernya.

Bagi para blogger individual pun juga dapat melakukannya dengan gayanya sendiri. Bisa dengan mengharmonisasikannya dengan konten sosial media dan lebih banyak lagi. Untuk mencari pembaca tanpa harus tergantung dengan mesin pencari yang syaratnya bikin pusing tujuh keliling. Ada banyak cara memang, dan para sahabat dapat memilihnya tidak harus satu. Bahkan menjadi blogger mandiri tanpa tergantung atau mengabaikan platform lainnya pun terbuka kemungkinan lebar untuk sukses. Tergantung preferensi dan bakat kemampuan para sahabat. Semoga tulisan Solusi Blogger Blogspot tidak diindex Google ini bermanfaat, mari berjuang.

Mengapa dalam tulisan ini saya tidak menyertakan saran untuk self hosting, ganti wordpres atau cms lainnya, dan pakai domain sendiri atau domain redirect untuk blogger. Sebab bukan solusi tersebut yang saya cari dan menyertakan permasalahan yang lain kemundian. Akibat dari pakai domain sendiri dan self hosting, atau pakai cms lain, karena semua memiliki permasalahannya sendiri-sendiri bukan?.

Comments

Popular posts from this blog

Cupu Kyai Panjala 2024

Tesla luncurkan RoboTaxi, RoboVan dan TeslaBot dalam We Robot